Anak Sebagai Penerus

ANAK DAN HARTA ADALAH TITIPAN, DITITIPKANNYA DALAM KEADAAN BAIK DAN ALANGKAH BAIKNYA APABILA KITA MENGEMBALIKANNYA DALAM KEADAAN BAIK PULA. AMIEN

Era pendidikan saat ini telah berubah. Melihat kondisi ini banyak hal yang bias terjadi. Lingkungan, keluarga, sekolah bisa saja menjadi guru yang berharga. Pola pendidikan melalui pengalaman menjadi sebuah terapi yang mungkin saja akan diingat oleh setiap manusia.

Banyak hal yang diajarkan oleh Lingkungan, keluarga dan sekolah. Terkadang banyak hal-hal baik yang diterima namun tidak kalahnya hal-hal negative yang diterima. Seharusnya keluarga bias menjadi tempat menyaring semua “pendidikan” yang diterima dari luar. Namun nyatanya, keluarga juga terkadang bukan menjadi tempat yang baik untuk mendidik anak dengan baik.

Kenapa saya bias berkata demikian? Banyak hal yang tidak baik dilakukan oleh keluarga kepada anaknya yang tanpa sadar akan mempengaruhi pola pikir si anak.

Sebuah contoh yang mungkin saja sering dilakukan oleh sebuah keluarga adalah. Sering kali kita melihat pengendara motor dan mobil bepergian membawa keluarga mereka.

1. omongan kasar ketika sebuah mikrolet atau pengendara lainnya memotong jalan kita. Omongan kasar ini tanpa disadari bias ditiru oleh anak kita dan mereka menganggap apa yang dilakukan oleh orang tua mereka mungkin tidak ada yang salah.

2. perilaku yang melanggar. Ketika kita mengendarai motor atau mobil bersama keluarga. Terkadang kita memotong jalur atau melewati jalan yang bukan hak kita. Intinya kita melanggar rambu. Nah dari sini kita pun secara tidak sengaja telah mengajarkan secara tidak langsung bahwa mengambil hak orang itu wajar atau mengajarkan anak kita kelak ber”korupsi”.

 

Mungkin anda bias menyangkal, namun tulisan ini tidak untuk hal apapun. Anak anda kembali kepada anda. Sebagai orang tua mungkin lebih baik anda mendidik mereka dengan baik. Tulisan ini hanyauntuk mengingatkan. ANAK DAN HARTA ADALAH TITIPAN, DITITIPKANNYA DALAM KEADAAN BAIK DAN ALANGKAH BAIKNYA APABILA KITA MENGEMBALIKANNYA DALAM KEADAAN BAIK PULA. AMIEN

Leave a comment